refleksi diri - self development

Jawabannya ada di dirimu kok

Bismillah..

Kalau ditanya 5 tahun lalu, mau mendalami scope gizi bagian apa? Entahlah masih burem rasanya. Komunitas? Enjoy juga. Seru bikin program! Klinis? Horor bets rasanya tapi amat menantang. Penyelenggaraan makan? I love culinary, but… masih gak kebayang buat katering sehat gimana.  Tetapi dalam angan entah mengapa selalu tertarik dengan wellness, weight management, sport nutrition meskipun hayati tipe orang mager (iya serius, pas sekolah aku paling males pelajaran olahraga dan bukan anak kinestetik wkwk).

And now look at me! Coaching klien buat nurunin berat badan. Ngebuatin meal plan. Kasih saran-saran buat exercise. Belajar berbagai gerakan dan nyobain berbagai intensitas exercise. Wow! Gak kebayang sama sekali loh dulu. Seorang Rizta yang kalo disuruh lari udah paling terakhir finishnya wkwk.

Dari pengalamanku ini aku menyadari. Gak usah pusing-pusing mau nyari definisi passion. Ikuti kata hati. Apa sih yang menarik menurutku? Bagian apa yang kalo aku udah belajar sampai lupa waktu. Yap, ternyata emang dari dulu aku tuh paling suka mata kuliah kebugaran. Skripsiku juga tentang kebugaran haha. Oh ternyata, setelah waktu berlalu ternyata engga menyurutkan semangatku buat mendalami itu. Dan Alhamdulillah takdirpun menuntun ke hal tersebut, angan-angan bisa coaching buat orang-orang yang pingin diet nurunin berat badan akhirnya terwujud! Melalui Dietisien.id aku pribadi jadi banyak belajar banget nget nget.

Selalu seneng banget kalo progress klien sesuai yang kita harapkan! Maa syaa Allah, selalu terharu sama perjuangan mereka juga. Yang pernah coba berbagai macam diet tapi ternyata ga works. Ada juga yang udah diet eh ternyata stuck BB nya. Ini kasus yang asli bikin ketar-ketir dalam hati, honestly. Setengah berpikir, duh udah stuck BB jangan-jangan masuk fase plateu lagi :”. Bismillah.. dengan bekal ilmu yang ada, kubuatkan meal plan dan pilihan exercise yang kira-kira cocok sama klien, Alhamdulillah ternyata klien cocok dan bonusnya BB nya turun. Awww seneng banget! Disini posisiku adalah memfasilitasi, tetapi yang paling menentukan adalah klien sendiri. Dan aku bahagia banget bisa membersamai proses yang mereka alami. Aku pun juga belajar.

Aku tahu ini masih langkah awal banget. Masih banyak hal harus kupelajari untuk mendalami bidang ini. Dan aku happy banget bisa belajar banyak hal. Selalu inget riz, belajar itu bisa dari siapapun dan kapanpun. Lihat isinya bukan cangkangnya.

Terpikir nulis hal ini karena aku baru aja baca artikel yang bagus banget dapet dari grup ILUNI UI. Coba klik disini https://growithati.com/cintai-pekerjaanmu/. Betul-betul merefleksikan hampir 2 tahun aku bekerja disitu. Memasuki fase berontak, fase refleksi, fase berdamai. And now, I am happy! Udah enjoy menjalaninya.

Saat lagi dipersimpangan jalan, yuk berhenti sejenak. Bangun komunikasi dengan dirimu karena jalan keluarnya ada di dirimu.

Semangat untuk teman-teman yang sedang mengalami quarter life crisis. Semua akan berlalu kok!

2 Comments on “Jawabannya ada di dirimu kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *