reminder

Kenangan kan selalu tersimpan

Bismillah…

Beberapa hari terakhir ini banyak mendapat kabar duka dari orang terdekat. Selang waktu hari saja. Beliau-beliau diwafatkan di bulan Dzulqo’dah, salah satu bulan mulia.

Namanya usia manusia kita gak akan tahu dapat jatah sampai mana. Tak ada angin ataupun ujan jika Allah menghendaki untuk nyawa kita dicabut, saat itu juga kita meninggal. Sebuah nasehat bagi aku pribadi pengingat bahwa kematian adalah dekat.

Allah Ta’ala berfirman,

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh dia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan” (QS. Ali ‘Imran: 185)

https://muslim.or.id/59956-begini-maksud-perintah-sering-mengingat-kematian.html

Teruntuk keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kekuatan dan keikhlasan. Membuka lembaran baru kehidupan tanpa almarhum pasti perlu waktu untuk bangkit kembali. Take your time, karena waktu yang akan mengobati.

Pengingat diri bahwa kematian pun sedekat itu. Waktu kita di dunia hanyalah sekejap dibandingkan kehidupan akhirat yang kekal. Lalu bekal apa yang sudah kita siapkan di masa depan yang jelas ini? Semoga Allah wafatkan kita dalam keadaan Islam dan husnul khotimah… Aamiin yaa rabbal alamin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *